Pesona Jember dan Tanjung Papuma Beach

Standar

Pasti donk semua pernah denger pantai Papuma yang letaknya di Jember. Nah mungkin ada yang belum pernah kesana? Aq mau berbagi cerita nich buat teman-teman yang pengen kesana.

  
Kalo dari Surabaya, naek aja bus patas Jember di Terminal Bungurasih dengan tarif 65ribu-70ribu dan perjalanan yang harus ditempuh itu 5 jam saja. Ato bisa juga ditempuh dengan kendaraan pribadi, kereta api (liat jadwal di web PT. KAI), dan pesawat terbang (tidak semua maskapai landing di Bandara Jember).

Untuk hotel di Jember, sekarang banyak sekali hotel disana yang bagus dan nyaman di kantong. Pas itu sich aq nyoba nginep di Aston Jember, udah booking via agoda.com cz lumayan harga agak miring.

Nah aq berangkat dari hotel sekitar pukul 10.00 tapi waktu itu makan ayam geprek dulu yang letaknya di perbatasan Jember – Bondowoso. Enak pake banget ayamnya, ramenya juga amazing.

  
Perjalanan ke pantai Tanjung Papuma dimulai, membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Jalanan mulus banget dan tinggal lurus aja. Kenapa butuh waktu 1 jam karena pantai ini berada di Kecamatan Wuluhan, 45 km ke arah selatan Jember. Nah pas udah sampe kawasan pantai, jalanan akan menjadi agak gak nyaman karena belum aspal, naek turun dan berkelok-kelok. Walaupun begitu, pemandangan di sekitarnya sangatlah indah. Kita akan disuguhi sawah dan tentunya pohon Jati yang begitu hijau dan enak dilihat.

Emang sich kawasan ini oleh Perhutani diberi nama Tanjung Papuma karena Tanjung artinya “daratan kecil yang menjorok ke laut”. Sedangkan Papuma adalah akronim dari pasir putih malikan. Saat udah keliatan pantainya, wow bagus banget tapi di lautnya banyak sekali karang sehingga tampak seperti pulau. Ternyata pulau karang disana ada namanya loh, pulau Batara Guru, pulau Kresna, pulau Narada, pulau Nusa Barong, dan pulau Kajang. 

Disana kita bisa menikmati es kelapa muda dan makanan yang berbau laut, mulai dari udang, ikan sampai dengan gurita. Karena udah sore, aq memutuskan untuk pulang dengan rute yang berbeda. Waktu itu aq pengen tau bandara udara Notohadinegoro di Jember jadi dilewatkan sana dech.

  
Nah jangan lupa juga buat beli oleh-oleh dari Jember. Selain tape, ada juga edamame (kacang kedelai dari Jepang) dan olahannya. Kita bisa beli di koperasi yang letaknya sebelahan dengan pabrik pengolahan edamame dan letaknya dekat dengan Terminal Jember.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s